TANDA-TANDA BAHAYA KETERGANTUNGAN PADA OBAT PENGHILANG RASA SAKIT RESEP DOKTER

 
Obat-obatan penghilang rasa sakit resep dokter yang paling umum (OxyContin, Vicodin, Methadone, Darvocet, Lortab, Lorcet dan Percocet), selain menawarkan hilangnya rasa sakit, juga dapat menyebabkan tubuh seseorang mulai “membutuhkan” obat tersebut agar merasa “normal”.

Inilah sepuluh tanda bahaya untuk diawasi jika Anda pikir seseorang yang Anda kenal mungkin sedang mengalami ketergantungan pada obat-obatan ini:

1. Peningkatan penggunaan: peningkatan dosis seseorang dari waktu ke waktu, sebagai akibat dari peningkatan toleransi terhadap obat itu sehingga membutuhkan lebih banyak obat untuk mendapatkan efek yang sama.
 
2. Perubahan kepribadian: perubahan dalam energi, suasana hati, dan konsentrasi sebagai akibat dari tanggung jawab sehari-hari menjadi diduakan setelah kebutuhan akan obat itu.
 
3. Penarikan sosial: penarikan diri dari keluarga dan sahabat.
 
4. Penggunaan berkelanjutan: penggunaan obat-obatan penghilang rasa sakit yang berkelanjutan setelah perawatan medis yang dimaksudkan untuk menghilangkan rasa sakit telah membaik.
 
5. Waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan resep dokter: menghabiskan banyak waktu untuk megemudi ke tempat-tempat jauh dan mengunjungi banyak dokter agar mendapatkan obat-obatan tersebut.
 
6. Perubahan kebiasaan dan penampilan sehari-hari: berkurangnya kebersihan diri; perubahan kebiasaan tidur dan makan; batuk terus-menerus, hidung meler dan merah, mata berkaca-kaca.
 
7. Mengabaikan tanggung jawab: mengabaikan tugas-tugas rumah tangga dan tagihan-tagihan; lebih sering meminta izin sakit di sekolah atau di tempat kerja.
 
8. Peningkatan sensitivitas: penglihatan, suara dan emosi yang normal menjadi terlalu merangsang bagi orang tersebut; halusinasi.
 
9. Hilang kesadaran dan hilang ingatan: melupakan kejadian yang telah terjadi dan mengalami pingsan.
 
10. Sifat defensif: menjadi defensif dan menyerang dalam menanggapi pertanyaan sederhana sebagai usaha untuk menyembunyikan ketergantungan obat (jika pengguna merasa rahasia mereka sedang terungkap).