APAKAH RITALIN ITU?

Ritalin adalah nama umum untuk metilfenidat, digolongkan oleh Drug Enforcement Administration (Badan Pencegahan Narkoba, AS) sebagai narkotika Daftar ke-II— golongan yang sama untuk kokain, morfin, dan amfetamin1. Obat tersebut banyak digunakan oleh para remaja karena efek perangsang yang terdapat di dalamnya.

Bahkan ketika Ritalin digunakan sebagai obat resep dokter, ia memiliki efek samping yang berbahaya seperti kegugupan, insomnia, anoreksia (gangguan pada cara makan), urat nadi berubah, masalah jantung, kehilangan berat badan. Produsennya mengatakan obat tersebut adalah obat adiktif.

Pada bulan Juni 2005, US Food and Drug Administration (Lembaga Makanan dan Obat-Obatan AS) mengeluarkan sejumlah peringatan untuk kesehatan masyarakat umum bahwa Ritalin dan narkoba lainnya menyebabkan halusinasi visual, pemikiran bunuh diri, perilaku psikotik dan juga perilaku yang agresif dan brutal.

Seorang penulis menuliskan seperti berikut: “Orang tua tidak pernah diberitahu: 'Oh asal tahu saja, terkadang seorang anak meninggal oleh karena mereka meminum obat resepnya.' Atau 'Oh asal tahu saja, anak-anak yang menjalani pengobatan stimulan dua kali lipat lebih cenderung memakai narkoba di masa depan.’ Atau "Mungkin juga sepertiga dari seluruh anak yang menjalani pengobatan tersebut mengembangkan gejala perilaku obsesif-kompulsif dalam tahun pertama.”

  1. 1. amfetamin: stimulan sistem saraf pusat (otak dan urat saraf tulang belakang) yang sangat kuat, sering disebut “speed”.

NAMA-NAMA JALANAN

RITALIN:

Diet Coke

Kiddie Cocaine

Kiddie Coke

Poor man’s cocaine

R-ball

Rids

Skittles

Smarties

Vitamin R