APAKAH LSD ITU?

LSD adalah salah satu bahan kimia yang paling ampuh dalam mempengaruhi suasana hati. LSD dibuat dari zat asam lisergik yang ditemukan pada jamur ergot, jamur yang tumbuh pada sejenis gandum hitam dan biji padi-padian yang lain.

LSD diproduksi dalam bentuk kristal di lab-lab yang tidak resmi, terutama di Amerika Serikat. Kristal-kristal ini diubah menjadi cairan untuk diedarkan. Cairan ini tidak berbau, tidak berwarna dan sedikit agak pahit.

Dikenal sebagai “acid” dan banyak nama lainnya, LSD dijual di jalanan berupa tablet kecil (“microdots”), kapsul atau agar-agar persegi (“Kaca Jendela”). Kadang-kadang ditaruh pada kertas serap yang kemudian dibagi menjadi persegi-persegi kecil yang dihiasi dengan gambar-gambar atau karakter kartun (“loony toons”). Kadang-kadang dijual juga dalam bentuk cairan. Tetapi bagaimanapun bentuknya, LSD membawa penggunanya ke situasi yang serupa—membuat seseorang terputus dengan kenyataan.

Pengguna LSD menyebutkan pengalaman menggunakan LSD sebagai sebuah “perjalanan,” yang biasanya berlangsung selama 12 jam atau lebih. Reaksi yang sebaliknya disebut “perjalanan buruk,” nama yang tepat untuk mencicipi kehidupan neraka.