PENYALAHGUNAAN OBAT RESEP DOKTER: MASALAH YANG SERIUS

Photo credit: Stockexpert
Photo credit: Stockexpert

Penggunaan obat resep merupakan suatu masalah serius di kalangan remaja dan anak muda. Penelitian menunjukkan bahwa seorang remaja lebih cenderung menyalahgunakan obat resep daripada narkoba jalanan ilegal.

Banyak remaja mengira bahwa obat resep aman karena dikeluarkan oleh seorang dokter. Namun menggunakannya untuk tujuan non-medis untuk “high” atau pengobatan sendiri dapat sama bahayanya dan adiktif seperti menggunakan obat-obatan terlarang.

Ada banyak risiko kesehatan yang serius yang terkait dengan penggunaan obat resep. Itu sebabnya obat resep hanya dapat digunakan di bawah pengawasan dokter. Sekalipun demikian, penggunaan obat resep harus dipantau secara ketat untuk menghindari adiksi atau masalah-masalah lainnya.

Banyak pil tampaknya sama. Sangat berbahaya bila Anda menelannya tetapi tidak merasa yakin akan jenisnya atau yang tidak diperoleh dengan resep dokter. Setiap orang bisa berbeda reaksinya terhadap obat-obatan oleh karena perbedaan kimiawi tubuh masing-masing. Obat yang baik untuk seseorang, dapat bersifat sangat riskan, malahan fatal, untuk orang lain.

Obat resep, hanya aman untuk mereka yang memperolehnya dengan resep dokter dan tidak untuk orang lain.