APAKAH INHALAN ITU?

 "Inhalan” berupa uapan zat beracun yang dihirup untuk cepat mencapai “high”. Di antara lebih dari 1.000 produk rumah tangga yang dapat disalahgunakan sebagai inhalan, yang sering dipakai adalah semir sepatu, lem, toluene1, bensin, minyak korek api, nitrous oksida2 atau “whippets”, cat semprotan, cairan pengoreksi, cairan pembersih, amyl nitrite3 atau “poppers”, pewangi ruang ganti atau “rush”, cairan pelarut pernis, atau pelarut cat lainnya.

Kebanyakan dari zat-zat ini sama seperti zat anestetis yang memperlambat fungsi-fungsi tubuh. Setelah mencapai “high” awal dan kehilangan kendala, diikuti oleh ngantuk, perasaan ringan kepala dan perasaan gelisah.

Zat-zat kimia secara cepat memasuki aliran darah melalui paru-paru dan organ lainnya, dan kadang-kadang mengakibatkan kerusakan fisik dan mental, yang tidak dapat disembuhkan.

Si pengguna menghirup uap kimiawi langsung dari wadah pembungkus yang terbuka (“sniffing”) atau dari uapan dari kain yang dicelup dalam zat kimiawi yang bersangkutan (“huffing”). Ada yang juga menyemprotkan zat tersebut langsung ke dalam hidung atau mulut, atau membasahi kerah, lengan atau manset baju, dan menghirup uapannya secara berkala. Di dalam “bagging” pengguna menghirup uapnya dari zat-zat yang ada di dalam kantong kertas atau plastik. Bagging di dalam ruangan tertutup sangat meningkatkan risiko mati lemas.

“Poppers” dan “whippets” yang dijual di acara konser dan dansa, terdiri dari zat-zat kimia beracun yang dapat merusak tubuh dan otak untuk selamanya.

  1. 1. toluene: cairan yang tidak berwarna yang digunakan sebagai pelarut dan bahan bakar.
  2. 2. nitrous oksida: gas yang berbau manis, tidak berwarna dan digunakan sebagai obat bius.
  3. 3. amyl nitrite: cairan kuning pucat yang digunakan untuk membuka atau melebarkan pembuluh darah, kadang disalahgunakan sebagai inhalan.

NAMA-NAMA JALANAN

INHALAN:

Aibon

Air blast

Ames

Amys

Aroma of men

Bolt

Boppers

Bullet

Bullet bolt

Buzz bomb

Discorama

Hardware

Heart-on

Hiagra in a bottle

Highball

Hippie crack

Huff

Laughing gas

Locker room

Medusa

Moon gas

Oz

Pearls

Poor man’s pot

Poppers

Quicksilver

Rush Snappers

Rahasia Setan

Shoot the breeze

Snappers

Snotballs

Spray

Texas shoe shine

Thrust

Toilet water

Toncho

Whippets

Whiteout