PENYALAHGUNAAN OBAT RESEP DOKTER

Penyalahgunaan obat resep telah menjadi masalah yang lebih besar daripada narkoba jalanan. Obat-obatan penghilang rasa sakit, penenang, antidepresan, pil tidur dan zat stimulan dapat tampak “aman” karena diperoleh dengan resep dokter, tapi mereka juga bisa adiktif dan keras seperti heroin atau kokain yang dijual di jalanan. Obat Penghilang Rasa Sakit OxyContin, misalnya, sama kerasnya seperti heroin dan mempengaruhi tubuh dengan cara yang sama. Penggunaan yang berkelanjutan daripada obat-obatan penghilang rasa sakit, depresan (“pelamban”), stimulan (“pemacu”) atau antidepresan, dapat berakibat adiksi—dan gejala putus zat yang menyakitkan bagi mereka yang ingin berhenti.

Beberapa efek dari narkoba tersebut diberikan sebagai berikut:

Obat-obatan penghilang rasa sakit: OxyContin, Fentanyl, morfin, Percodan, Demerol adalah beberapa dari daftar panjang obat-obatan penghilang rasa sakit. Efek-efeknya bisa berupa pernapasan yang diperlamban, rasa mual dan ketidaksadaran. Penyalahgunaan bisa berakibat adiksi.

Depresan: Narkoba ini melambankan fungsi otak dan fungsi sistem saraf Anda, ia termasuk Xanax, Zyprexa, Amytal, Seconal, Valium dan banyak yang lain. Efek-efeknya dapat berupa masalah jantung, kenaikan berat badan, kecapaian1 dan berbicara cadel. Penggunaan yang lama dapat berakibat adiksi.

Stimulan: Narkoba ini memacu detak jantung dan pernapasan, sama seperti “speed” atau kokain. Termasuk Ritalin, Aderall, Concerta dan narkoba yang terkenal sebagai “bennies”. Efeknya termasuk meningkatnya tekanan darah dan denyut jantung, sikap bermusuhan dan paranoia.

Antidepresan: Prozac, Paxil, Zoloft dan Celexa adalah antidepresan yang paling umum digunakan. Efeknya bisa berupa detak jantung yang tidak teratur, reaksi paranoid, pikiran kekerasan atau bunuh diri dan halusinasi. Penggunaan berkelanjutan bisa berakibat adiksi.

Obat-obatan penghilang rasa sakit depresan dan antidepresan bertanggung-jawab atas lebih banyak kematian overdosis di Amerika Serikat dibandingkan dengan jumlah total kematian dari penggunaan kokain, heroin, metamfetamin dan amfetamin.

  1. 1. kecapaian: kelelahan secara mental atau fisik yang berlebihan.